12 Tips Mudah Berhijab Agar Tidak Gerah Meski Cuaca Panas

12 Tips Mudah Berhijab Agar Tidak Gerah Meski Cuaca Panas

Senang banget yah, melihat sekarang banyak wanita yang berhijab. Meskuipun tiap wanita memiliki alasan erhijab yang berbeda-beda, namun keputusan Anda tentu patut untuk dihargai dan diberi apresiasi. Bagaimana tidak, dengan memutuskan untuk berhijab, berarti anda telah siap untuk merubah penampilan agar lebih tertutup dan tentunya siap kepanasan. Hehehe

Yah, salah satu permasalahan yang paling sering muncul saat kita berhijab yaitu keluhan yang sudah sangat umum kita dengar, kepanasan. Tidak jarang saya mendengar wanita yang mengatakan belum siap berhijab karena tidak tahan panas. Sehingga saya menganggap tidak berlebihan bila saya mengatakan, wanita yang berhijab adalah wanita yang luar biasa.

Khimar simple pet
Khimar simple pet

Sebenarnya, bila kita menjalankan dengan penuh keihlasan, maka keluhan itu pasti tidak akan Anda rasakan. Namun tidak ada salahnya, bila kali ini saya ingin berbagi tips memilih Hijab dan jenis pakaian untuk meminimalisisr keluhan tadi.

Jenis Kain Hijab

Agar hijab tidak membuat Anda gerah, Anda bisa memilih bahan hijab yang nyaman dan adem saat di pakai. Namun sebelum anda memilih hijab, pastikan anda menggunakan dalaman yang adem pula. Hindari menggunakan dalaman ninja yang menutupi hingga bagian leher agar tidak merasa gerah selama memakai hijab. Selanjutnya, pilihlah hijab yang tidak menerawang dengan bahan-bahan yang adem seperti hijab yang terbuat dari bahan jersey, sifon, linen atau yang berbahan katun paris. Hijab yang terbuat dari bahan-bahan tersebut sangat cocok jika di pakai saat musim panas.

Model Busana

Setelah mengetahui jenis bahan yang cocok dengan cuaca panas, langkah selanjutnya adalah memilih model busana. Sebaiknya hindari model busana yang ketat karena busana ketat bisa mengiritasi kulit Anda. Untuk itu Anda bisa mengenakan busana yang longgar demi mencegah iritasi dan mengurangi gesekan pada kulit seperti kaftan bahan sifon, rok lebar, dan celana kulot.

Pemilihan Warna

Perlu anda ketahui bahwa pemilihan warna pada pakaian juga sangat penting. Saat cuaca panas, hindari menggunakan pakaian berwarna gelap. Warna-warna yang gelap seperti hitam dapat membuat Anda semakin merasa kepanasan dan berkeringat saat berada di bawah sinar matahari. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan warna-warna yang cerah dan lembut seperti hijau mint, peach, baby blue dan sebagainya.

Selain itu, warna-warna yang cerah juga akan membuat Anda merasa lebih bersemangat dan pantulan dari warna cerah yang Anda gunakan akan memberi kesan muda dan ceria bagi Anda yang menggunakannya.

Model Hijab

Hindari memakai hijab dengan model yang rumit, berlapis-lapis dan boros menggunakan pentul. Memakai hijab dengan cara ini dapat merepotkan anda saat milai merasa gerah. Memaksakan diri dengan memakai model hijab yang rumit juga akan mengganggu mood Anda. Membuat anda lebih waspada karena takut hijab anda berantakan dan tentu ini sangat mengganggu kan? Gunakan hijab yang mudah dan sederhana namun tetap terlihat anggun. Jangan lupa juga untuk selalu menyesuaikan penampilan dengan lingkungan kita.

Make Up

Setelah memilih jenis hijab dan pakaian, salah satu yang juga perlu untuk diperhatikan untuk meminimalisir kegerahan saat beraktivitas dengan hijab, yaitu makeup. Perlu diingat bahwa riasan wajah yang terlalu tebal tidak menjamin akan tahan lama. Karena itu, sebaiknya Anda memakai make-up ringan pada kulit wajah saat musim panas.

Make-up tebal bukanlah pilihan terbaik saat musim panas mengingat bahwa Anda akan mengeluarkan banyak keringat. Situasi ini justru akan memperburuk hasil make-up Anda. Jadi, sebaiknya Anda menerapkan make-up tipis yang tampak natural.

Kini cuaca sedang tidak menentu. Terkadang panas yang menyengat membuat tubuh merasa gerah terutama bila beraktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, pemilihan bahan sangat penting terutama bagi wanita yang berhijab agar tidak mudah kegerahan. Selain material, ada hal lain yang perlu diperhatikan agar tidak mudah gerah. Berikut tipsnya.

Pilih bahan yang menyerap keringat

Jika hanya pergi ke kantor atau untuk beraktivitas sehari-hari, desainer muslim Dian Pelangi menyarankan untuk memilih material hijab yang menyerap keringat. Sebaiknya bahan yang digunakan juga tidak terlalu tebal atau mudah kusut. Bila cuaca cukup panas tapi harus datang ke acara formal bisa menggunakan bahan jenis thai silk atau chiffon crepe.

“Chiffon crepe itu nggak membuat keringat nyeplak,” saran desainer yang baru saja menyelesaikan debut pertamanya di Amerika itu kepada Wolipop.

Menambahkan pernyataan Dian, desainer muda lainnya, Ria Miranda menyarankan untuk menggunakan material viscose yang cocok diterapkan ke acara formal dan informal. Bahan tersebut juga tidak terasa gerah ketika dikenakan. Material ini juga nyaman dan menyerap keringat.

Istirahat sejenak

Jika sudah merasa panas agar tidak semakin kegerahan bisa mengambil waktu untuk istirahat sejenak. Anda bisa pergi ke kamar mandi atau mushalla untuk membuka jilbab sebentar baru kemudian memakainya kembali. Istirahat dapat membuat tubuh merasa lebih segar terutama setelah keringat dan rasa gerah hilang.

Basuh wajah

Agar tidak mudah gerah ketika berhijab, basuh wajah untuk membuat tubuh lebih segar. Fashion blogger asal Malaysia, Shea Rasol, mengatakan ketika air menyentuh kulit akan membuat Anda merasa segar. Manfaatkan waktu sebelum wudhu untuk mencuci muka. Lepaskan jilbab dan ciput ketika wudhu agar air bisa menyentuh kulit wajah secara keseluruhan.

Pastikan rambut sudah kering

Pastikan rambut Anda sudah kering sebelum menutupnya dengan jilbab. Shea mengatakan rambut yang basah dan lembab bisa membuat tubuh semakin gerah ketika pergi di siang hari terutama jika cuaca cukup panas. Selain gerah, jika terlalu sering memakai jilbab ketika rambut masih basah bisa memicu kerusakan.

Aktris cantik Zaskia Adya Mecca menyarankan agar tunggu hingga rambut benar-benar kering untuk mencegah timbulnya ketombe, kerontokan, serta lembab.

“Jangan pernah pakai jilbab kalau keadaan rambut kita belum benar-benar kering. Aku syuting nih dari jam 9 sampai jam 11 malam, aku nggak lepas jilbab dan aku nggak pernah ada masalah. Aku keramas setiap hari dan pastikan rambutnya benar-benar dalam keadaan kering sebelum pakai jilbab,” tutur Zaskia ketika berbincang dengan Wolipop di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Pakai topi ketika liburan

Shea menyarankan agar menggunakan topi ketika pergi liburan di siang hari terutama saat ke pantai. Topi mencegah sinar matahari langsung ke kepala Anda terutama bila mengenakan material kerudung yang tipis. Oleh karena itu, ketika sedang traveling atau jalan-jalan di bawah terik matahari, sebaiknya gunakan topi supaya tidak mudah gerah karena pengaruh panas yang langsung ke kepala Anda.

Bagaimana, sudah tahu jenis hjab dan pakaian dan make-up seperti apa yang seharusnya Anda gunakan saat cuaca panas? Jangan sampai Anda berkeringat dan merasa tidak nyaman hanya karena salah memilih pakaian. Hal ini bisa membuat aktivitas berantakan loh!