Tips Mengatasi Masalah Keputihan Dengan Menggunakan Daun Sirih

Tips Mengatasi Masalah Keputihan Dengan Menggunakan Daun Sirih

Tips Mengatasi Masalah Keputihan – Semua wanita pasti pernah mengalami keputihan. Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita yang ordinary terjadi terutama pada wanita usia produktif. Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari iritasi dan infeksi.

Namun, keputihan juga dihubungkan dengan kondisi kesehatan dan tanda adanya penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh infection, bakteri, atau jamur tertentu yang membuat wanita tidak nyaman. Bahkan dalam beberapa kasus ekstrim, keputihan dapat berlangsung lama dan disertai bau yang tidak sedap.

Manfaat daun sirih untuk keputihan 1

Hal tersebut jelas menimbulkan kekhawatiran dan harus ditangani dengan segera, namun mengatasi keputihan dapat dilakukan dengan cara-cara yang tidak sulit dan dapat dilakukan oleh semua orang. Simak kelanjutannya dibawah ini.

Penyebab Keputihan

Penyebab keputihan dapat dijelaskan sebagai berikut: istilah keputihan acap kali digunakan sebagai referensi umum untuk sekresi vaginal, baik yang ordinary maupun anomalous. Karena tidak ada istilah lain dalam bahasa Indonesia yang umum dipakai untuk sekresi vaginal, hal ini menimbulkan kerancuan di masyarakat.

Manfaat daun sirih untuk keputihan 2

Vagina sebenarnya telah memiliki keseimbangan keasaman dan bakteri tersendiri. Membasuh vagina dengan sabun atau cairan disinfectant akan menyebabkan keseimbangan terganggu dan membunuh/membuang bakteri baik. Hal ini dapat menimbulkan keputihan, karena bakteri baiknya telah mati dan tidak lagi memiki pertahanan yang cukup terhadap infeksi.

Manfaat Daun Sirih untuk Keputihan

Kandungan nutrisi dan zat antioksidan pada daun sirih dipercaya mampu mengatasi keputihan akibat jamur dan bakteri. bahkan beberapa nutrisi diantaranya juga dipercaya dapat memperkesat atau mengencangkan territory miss v.

Manfaat daun sirih untuk keputihan

Menurut penelitian yang dilakukan tim Pusat Studi Biofarmaka “Tropika Institut Pertanian Bogor, daun sirih memiliki profil baktariosit yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri, daun yang banyak dimakan opung – opung ini memiliki sifat MIC (least inhibitory fixation) atau konsentrasi hambat least pada daerah V wanita”.

Cara Membuat Obat Tradisional Keputihan dari Daun Sirih

  • Siapkan 2-3 lembar daun sirih, lalu cuci hingga bersih
  • Lalu rebus daun sirih dengan 2 gelas air
  • Tunggu hingga air rebusan daun sirih tersisa hanya 1 gelas
  • Jika sudah, tunggu sampai dingin, lalu saring dan minum air rebusan daun sirih

Anda bisa menambahkan 2 sdm madu atau perasan air lemon untuk mengurangi rasa aneh air rebusan daun sirih. minuman ramuan daun sirih ini 1 kali dalam 2 hari atau 1 kali dalam 3 hari.

Manfaat daun sirih untuk keputihan 3

Selain meminumnya, anda juga bisa memanfaatkan air rebusan daun sirih untuk organ intim, namun ini hanya boleh dilakukan 1 sampai 2 kali dalam seminggu selama mengalami keputihan. Mencuci organ intim dengan air rebusan daun sirih terlalu sering dikhawatirkan justru berbahaya bagi keseimbangan PH organ intim.

Konsumsi obat home grown untuk keputihan meskipun tidak menimbulkan efek samping, tetap harus diimbangi dengan pola hidup yang higienis. Konsumsi makanan bergizi dan olahraga juga penting untuk diperhatikan. Begitu pula dengan konsumsi air putih yang cukup untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.